Saat itu, kami sedang mengikuti pelajaran Multimedia di kelas dan kebetulan masih ada dosen yang sedang mengajar disana. Tiba - tiba datanglah rombongan mahasiswa dari jurusan MI (Manajemen Informatika) untuk membagi tau bahwa dalam dekat ini akan ada festival tahunan yang selalu diselenggarakan oleh jurusan mereka. Ya, festival itu bernama IT FEST. Singkat cerita mereka menjelaskan event - eventnya. lalu kemudian kami tertarik dengan salah satu event mereka, yaitu Lomba Web Programming.

Kami ber 4 tertarik untuk mengikuti lomba tersebut. Namun, sayangnya lomba tersebut dibatasi maksimal 2 orang per tim. Setelah sekian waktu berunding, akhirnya kami dapat keputusan yaitu membagi menjadi 2 tim. Aku sendiri setim bersama Irvan dan Arief setim bersama Aji.

Lomba itu juga dibatasi bahwa peserta dilarang menggunakan Framework atau CMS. Disitulah kami merasa kebingungan, Framework yang bagaimana yang tidak diperbolehkan itu, apakah Library seperti jQuery masih diperbolehkan. Saat itulah banyak pertanyaan - pertanyaan yang muncul di kepala kami, kami pun memutuskan untuk bertanya kepada panitia penyelenggara namun jawaban - jawaban dari mereka belum sepenuhnya menjawab pertanyaan dari kami. Pada akhirnya, kami pun memutuskan untuk bertanya pada saat Technical Meeting untuk mendapat jawaban yang lebih detail.

Technical Meeting

Sekian hari berlalu, saat itu bertepatan hari minggu Technical Meeting diselenggarakan di Gramedia Pusat Palembang. Disitulah kami melihat wajah para programmer yang menjadi saingan kami. Mereka dari berbagai jurusan bahkan ada dari universitas lain, yaitu UNSRI. Pada pelaksanaan TM, ada satu mahasiswa yang sepertinya sudah mahir kali di bidang Web Programming. Dia bertanya ‘Boleh gak pake Socket.io ? Redis ?’ dan masih banyak lagi. Sepertinya Tim dia ini bakal memakai teknologi canggih di aplikasinya. Sayangnya kami tidak tahu berasal dari mana mahasiswa yang banyak bertanya itu.

Sekian waktu berlalu, akhirnya keputusan akhir panitia pada TM itu ialah membuat aplikasi web bertemakan E-Learning dalam jangka kurang dari 2 minggu dan dilarang menggunakan FRAMEWORK BACKEND seperti Laravel, Codeigniter dan sejenisnya. Disitu kami agak merasa sedikit legah karena masih ada kesempatan untuk menggunakan Framework Frontend untuk styling UI nya. Alhamdulillah, dengan waktu yang sangat singkat yaitu kurang dari dua minggu, mana mungkin kami mendesain UI dari awal pake CSS native wkwkw.

Ngoding~

Keesokan harinya kami ke Perpus untuk menyusun stack - stack apa saja yang kami gunakan untuk aplikasi kami. Saat itu sebenarnya belum ada bayangan untuk membuat aplikasi E-Learning yang seperti apa. Tapi pada saat itulah ada saja ide yang muncul akhirnya aku dan Irvan memutuskan untuk membuat aplikasi Perpustakaan Online. kemudian Arief dan Aji membuat aplikasi Sekolah Online. Singkat cerita, kami sudah selesai menyusun stack dan akhirnya mulai mengoding.

Banyak tantangan dan percobaan yang kami lewati ketika membuat aplikasi E-Learning ini. Mulai dari menggunakan konsep arsitektur MVC, menyusun tabel yang penuh dengan relasi dan lainnya. Oh iya, pada Apikasi ini kami menggunakan framework buatan kami sendiri yaitu Felis Database. ya Framework kecil - kecil an yang berbasis OOP dan PDO, lumayan lah untuk menangani CRUD dasar pada database hehe.

Tak lupa kami juga membuat keamanan website untuk aplikasi ini, karena disitu juga ada penilainnya. Untuk keamanan kami menggunakan CSRF Token, konfirmasi email, password enkripsi dan validasi input.

Hari - hari berlalu, kami mengerjakan project itu dengan penuh suka dan duka. Setiap hari kami sering tidur lambat, ditambah kami juga harus melaksanakan kewajiban mahasiswa, yaitu mengerjakan tugas. Dan pada saat H-1 sebelum Presentasi, panitia lomba sudah menyuruh untuk deploy aplikasi dan mengumpul file presentasi serta source aplikasi nya. Saat hari itulah semua tenaga dan chakra kami keluarkan semuanya karna dikejarnya deadline. Kami tidak tidur semalaman akibat deadline itu.

Presentasi

Saat itu pun tiba, step terakhir untuk kejuaraan Web Programming IT FEST ialah Presentasi. Kami harus bertanggung jawab dengan aplikasi yang sudah kami buat. Kami harus bisa menjelaskan semuanya jika juri atau peserta lainnya bertanya.

Kemudian, awal - awalnya Arief dan Aji maju, disana mereka mempresentasikan fitur - fitur yang ada di website mereka. Yang membuat kami down ialah saat juri bertanya kepada Arief dan Aji apa kelebihan website ini dari E-Learning yang lain.

Singkat cerita, giliran kami pun tiba. Aku dan Irvan akhirnya maju kedepan. Disana Irvan masih dengan santai membuka presentasi. Namun aku yang masih gugup - gugupan untuk berbicara. Tugas ku hanya menjelaskan masalah teknis serta mendemokan aplikasi. Saat demo aplikasi, kami tunjukan semua fitur - fitur yang ada di aplikasi kami serta sampai ke validasi inputnya agar terlihat waw haha. Karena didalam aplikasi kami memperbolehkan user upload buku apa saja, juri langsung mencela masalah Copyright. bagaimana tidak, bisa saja user mengupload buku yang mempunyai lisensi, dan inilah yang bakal berujung menjadi permasalahan hak cipta. Dengan beberapa pembelaan, akhirnya kami bilang ‘Ya, mungkin itu diluar batas kami pak’. Dan pada akhirnya juri itu memuji ide kami karena ide kami lumayan kreatif tapi karena masalah tadi juri itu menyarankan kami untuk mengembang kan aplikasi untuk kedepannya.

Dan pada akhirnya yang menurut saya menjadi saingan terberat dalam penilaian juri nanti ialah tim dari Unsri, adik tingkat semester 3 dan dari jurusan mi itu sendiri. Fitur aplikasi mereka bagus dan banyak sera cara presentasi mereka juga patut diacungi jempol. Namun sepertinya peserta yang bertanya tentang Socket.io itu tidak hadir di acara presentasi ini.

Tak Terkira

Dan datanglah hari itu, seminar IT FEST di adakan pada hari senin sekitar jam 8, tapi kami sebagai peserta lomba hanya diwajibkan datang siang sesudah istirahat. Lalu, datanglah kami ke Graha POLSRI jam setengah 2 siang. Singkat cerita, saat panitia sudah mulai mengumumkan pemenang peserta lomba. Saat itu pula yang bikin jantung kami lumayan bergetar, apakah ini tandanya cinta ? Opps, Skip. Hahaha.

Sebenarnya kami sudah percaya diri akan dapat juara setidaknya 2 atau 3. Karena kami yakin bahwa yang juara pertamanya adalah dari tim MI karena dari tampilan, fitur aplikasi dan presentasi mereka terlihat lebih perfect daripada kami.

Lalu, disebutlah pemenang juara ke-3 yaitu tim Dari Unsri. Tidak diragukan lagi mereka dapat juara karena perform mereka sudah bagus saat presentasi.

Kemudian, disebutlah pemenang juara ke-2 yaitu tim dari adik tingkat sejurusan. Disitulah harapan kami untuk menang mulai menipis, aku dan Irvan sudah beranggapan bahwa kami tidak bakal dapat juara karena kami yakin kalau tim MI yang bakal jadi juaranya.

Dan juara satu ialah… 'Tim IT-B !!!'

Hah, mendengar suara itu Aku dan Irvan saling menoleh. Perasaan bingung bermunculan ditambah rasa gugup ketika disuruh untuk maju kepanggung sebagai perwakilan dari tim pemenang. Aku masih tidak menyangka kalau kami yang menjadi juaranya.

Setelah pemberian hadiah dan trophy, kami berfoto foto dan bersalam salaman dengan panitia acaranya.

Saat Aku di panggung

Aku saat dipanggung, Btw aku yang berkacamata, hehe.

Akhirnya kami pun turun dari panggung. Perasaan bangga serta shock menjadi satu saat menuruni panggung. Lalu setelah itu, aku dan timku berfoto - foto untuk mendokumentasi kemenangan ini. Benar - benar moment kebanggaan IT Polsri yang tidak terlupakan, Lebay lu.

Irvan and Me

Aku dan Kelaborasiku, Irvan

IT Polsri

Eh, belom siap nih. Bingung siapa yang megang trophy wkwk

IT Polsri

We </> with . We are `IT Polsri` !

Share